PT. Himawan Putra

Jalan berlubang

ANCAMAN JALAN BERLUBANG SAAT MUSIM HUJAN

Musim hujan cepat sekali menimbulkan jalan rusak, hal ini harus menjadi perhatian bagi pengendara motor maupun mobil, resiko kendaraan rusak sampai ancaman kematian perlu di waspadai. 

Curah hujan dengan instensitas tinggi mengakibatkan banyak aspal yang terkikis, hal ini menimbulkan banyak sekali jalan yang berlubang. Pengguna jalan baik motor maupun mobil dituntut extra hati – hati sebab bahaya bisa saja mengancam dan sangat merugikan baik moril maupun materil.

Kerasnya hantaman di jalan berlubang bisa mengakibatkan kerusakan, diantaranya pecah ban, velg penyok sampai suspensi patah.

“Bila kena lubang sesekali saja kemungkinan komponen mash tahan. Tapi kalau sering, katakanlah setiap hari kena lubang, kondisi kaki – kaki memang wajib diperiksa. Minimal pengendara bisa merasakan dulu perubahan yang terjadi akibat sering terkena lubang,” jelas Parman Suanda, Kepala Bengkel Plaza Toyota Pemuda, saat berbincang dengan KompasOtomotif.

Baca juga: https://otomotif.kompas.com/read/2015/02/25/151500115/Kenali.Gejala.Komponen.Rusak.Usai.Hantam.Lubang

Untuk menghindarinya diperlukan manuver yang sangat cepat dan singkat, mengingat pengendara juga perlu melihat kondisi disekitar cukup aman. Jika manuver yang dilakukan tidak tepat, bisa – bisa beresiko tabrakan dengan pengendara lain. Apakah Anda bisa menghindarinya?.

Selain itu, dampak lain dari jalan berlubang bagi pengendara motor adalah badan pegal – pegal sampai terjadi kecelakaan, kemungkinan untuk terajatuh dan terhempas dari kendaraan bisa saja terjadi apabila pengendara tidak mampu menjaga keseimbangan tubuh saat terjadi hentakan.

Banyaknya aspal berlubang, bukan saja merugikan pengendara motor. Seringnya pengendara mobil menghantam lubang berpotensi mengalami kerusakan di bagian kaki – kaki. Memeriksa kondisi kaki – kaki sangat diperlukan dan tidak boleh diabaikan, karena menyangkut fungsi keselamatan dari kendaraan.

“ Kaki-kaki mobil adalah bagian paling rentan rusak dari sebuah kendaraan. Bagian ini berfungsi menstabilkan pengendalian sehingga bakal terus bergerak selama kendaraan dijalankan. Oleh karena itu, AutoFamily perlu memahami cara mengetahui kaki-kaki mobil rusak, sehingga tidak menimbulkan kerusakan pada komponen lainnya”. Auto2000.co.id

Baca juga: https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/cara-mengetahui-kaki-kaki-mobil-rusak

Perhatikan kondisi jalan sekitar, menjaga kecepatan dan tetap berkonsentrasi, agar Anda selalu selamat dalam berkendara.

Kirim pesan
WhatsApp
Terima kasih,
Kami ada promo untuk bulan ini.
Silahkan lanjut chat untuk informasi lebih lanjut.