PT. Himawan Putra

Spooring

MEMAHAMI APA ITU SPOORING UNTUK MOBIL

Istilah spooring pasti sering anda dengar. Spooring adalah cara merawat mobil dari sekian banyak macam servis untuk mobil. Hal ini diperlukan untuk menjaga performa mobil agar tetap bagus, terutama untuk mobil keluaran lama dan sudah sering dipakai. Maka perawatan spooring sangat dianjurkan. Lalu, apa sebenarnya maksud dari spooring ini?

Penggunaan mobil dalam jangka waktu yang lama akan mengubah kedudukan empat roda. Apalagi ditambah dengan kondisi jalan yang berlobang, polisi tidur juga mempengaharui perubahan posisi pada kaki – kaki mobil. Walaupun anda tidak dapat melihatnya secara langsung, tapi anda dapat merasakannya lewat performa mobil. Nah, spooring disini bertujuan untuk meluruskan kembali posisi empat roda ini seperti pengaturan awal pabrikan. Biasanya dua roda depan yang akan diluruskan kembali. Oleh sebab itu, jika Anda mengganti bagian mobil yang berkaitan dengan setir ini, spooring perlu dilakukan.

Nah, selain hal di atas, kapan anda harus melakukan spooring? Berikut kondisi mobil yang mengharuskan Anda untuk segera melakukan spooring.

1.   Jika anda merasa permukaan ban tidak rata, misalnya ada benjolan pada permukaan ban artinya sistem suspensi pada mobil anda sedang mengalami masalah. Ini bisa saja terjadi pada salah satu sisi ban maupun semuanya. (baca: efek mobil yang tidak di spooring : http://jambi.tribunnews.com/2016/04/16/ini-efek-jika-mobil-anda-tidak-jalani-perawatan-spooring-dan-balancing

2.   Mungkin anda melihat keempat ban Anda tidak sejajar dalam posisi diam. Misalnya ketika diparkir, anda merasa roda miring atau roda depan tidak lurus dengan yang belakang. Ini menandakan posisi salah satu ban tergeser dari tempat semula.

3.   Anda merasa tidak nyaman ketika sedang menyetir. Entah mobil terasa lebih susah dikendalikan atau anda merasa mobil berbelok dengan gerakan yang tidak wajar. Bahkan ketika berkendara di permukaan aspal yang halus, Anda merasakan getaran yang mengganggu, itu tandanya Anda perlu membawa mobil Anda ke tempat servis untuk di-spooring.

Perlu diingat spooring roda kendaraan harus dilakukan secara berkala seperti melakukan servis mesin atau pergantian oli secara teratur. “Kebanyakan dari kita, jika servis mobil hanya mesin, AC, oli, atau transmisi saja. Sayangnya, spooring tidak termasuk.

Jika servis mesin dilakukan setiap 5.000 sampai 10.000 kilometer, sedangkan untuk spooring tidak ada tenggat waktu khusus. yang terpenting teratur berdasarkan kondisi mobil, tidak ada patokan waktu.

Mengapa spooring itu penting?

Spooring sangatlah penting agar pengemudi merasa aman dan nyaman ketika mengemudikan kendaraannya dalam kondisi jalanan basah atau kering, kecepatan rendah ataupun tinggi.

Ini Bahayanya Kalau Mengabaikan spooring

kondisi kaki-kaki kendaraan paling sering dispelekan oleh pengemudi, jika hal itu terus dibiarkan dalam jangka waktu lama akibatnya bisa sangat fatal. Mengabaikan kondisi kesehatan kaki-kaki mobil dapat menyebabkan ban cepat aus dan memperbesar kemungkinan pecah ban saat berkendara di jalan raya dalam kecepatan tinggi, sehingga memperbesar risiko kecelakaan.

Untuk mendapatkan hasil spooring yang maksimal, pastikan bahwa bengkel yang dikunjungi memiliki peralatan lengkap dan memadai. Hindari pembelian ban bekas, walaupun harganya lebih murah, namun menimbulkan risiko terhadap keselamatan.

3 Manfaat spooring secara berkala

Hemat

·         Menghemat pemakaian bahan bakar

·         Menghemat pemakaian ban

Nyaman

·         Meningkatkan kenyamanan dalam berkendara

·         Kendali mobil lebih stabil

·         Menghilangkan suara berdecit pada ban ketika belok

·         Posisi stir dapat segera kembali lurus setelah belok

Keamanan

·         Meningkatkan kestabilan dalam berkendara

·         Menjaga keawetan kaki kaki / understeel mobil

·         Menyelaraskan kelurusan roda kemudi

·         mengurangi faktor-faktor penyebab kecelakaan dalam berkendara

Kunjungi Instagram Himawan putra @HimawanPutraCO untuk mendapatkan Tips tips aman saat berkendara.

Kirim pesan
WhatsApp
Terima kasih,
Kami ada promo untuk bulan ini.
Silahkan lanjut chat untuk informasi lebih lanjut.