#workfromhome

News / HATI-HATI DENGAN KONDISI . . .

HATI-HATI DENGAN KONDISI MOBIL ANDA DISAAT WORK FROM HOME

HATI-HATI DENGAN KONDISI MOBIL ANDA DISAAT WORK FROM HOME

Pandemi Covid-19 membuat kita lebih banyak dirumah dan jarang menggunakan kendaraan yang kita miliki. Banyak orang yang tidak sadar bahwa kendaraan kita tetap harus dirawat walaupun tidak digunakan untuk jangka waktu yang relatif lama. Jika anda berencana menyimpan kendaraan anda dalam waktu yang lama, ada baiknya anda lebih cermat memperhatikan kondisi kendaraan anda, agar tidak rentan terjadi kerusakan. Jadi jika anda memiliki rencana untuk menyimpan kendaraan anda, berikut ini adalah beberapa tips perawatannya ;


A) SEBELUM KENDARAAN DISIMPAN

1. Bersihkan bagian luar kendaraan

Mulailah dengan membersihkan kendaraan yang akan disimpan dengan cara mencuci kendaraan tersebut, pastikan mencuci hingga sela-sela kendaraan yang sulit dijangkau dan sulit dihilangkan seperti :

  • Getah pohon
  • Kotoran hewan (burung, kelelawar, dll)
  • Debu/tanah
  • Jamur kaca/body
  • Jamur kaca/body
Lalu keringkan hingga benar-benar kering, sehingga tidak menimbulkan karat pada bagian body kendaraan.

Poles body bagian luar kendaraan Lalu lindungi bagian bawah kendaraan menggunakan cairan undercoating, yang berfungsi untuk menghindari korosi (karat).

2. Pastikan Tangki Bahan Bakar Terisi Penuh

Jika anda berencana menyimpan kendaraan lebih dari 30 Hari, maka pastikan tangki bensin terisi penuh. Hal ini dapat mencegah terjadinya kelembapan, penguapan dan karat pada tangki bahan bakar.

Tambahkan fuel stabilizer kedalam tangki bahan bakar untuk menambah waktu simpan bahan bakar di dalam tangki. Pada umumnya bahan bakar hanya memiliki umur simpan selama tiga bulan.

3. Pastikan Udara Di Dalam Ban Terisi Sesuai Ukuran Yang Disarankan

Jika kendaraan tidak digunakan lama, maka suhu di dalam ban bisa berubah. Tekanan udara di dalam ban perlahan-lahan akan berkurang. Baiknya mengisi tekanan udara menggunakan nitrogen agar tekanan udara ban lebih stabil dibandingkan dengan tekanan udara biasa.

4. Penuhi Semua Cairan

Pastikan seluruh cairan di dalam kendaraan terisi sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

  • Oli mesin
  • Minyak rem
  • Air radiator
  • Oli power steering
  • Oli transmisi
  • Air wiper/wiper fluid

Jika semua cairan sudah terisi, anda harus memanaskan/nyalakan kendaraan untuk mempercepat sistem sirkulasi termasuk cairan fuel stabilizer.

B) PADA SAAT KENDARAAN DISIMPAN

1. Panaskan Kendaraan 2-3 Hari Sekali

Jika memungkinkan, panaskan mesin 2-3 hari sekali. Gunanya untuk membuat semua cairan bersirkulasi ulang dan melakukan pelumasan di area mesin yang mengalami gesekan. Juga untuk mencegah cairan menggenang di area tertentu.


Memanaskan mobil dapat menjaga accu dalam kondisi optimal. Accu yang prima membuat kendaraan mudah di-starter/nyalakan dikemudian hari.

2. Selimuti Kendaraan Dengan Kain Penutup

Tutup kendaraan dengan menggunakan kain penutup/body cover. Hal ini untuk menjaga kelembaban suhu dan menghindari sinar matahari langsung.


Body cover juga berfungsi untuk melindungi dari baret/goresan, penyok dan debu. Jangan lupa menyumbat pipa knalpot dengan menggunakan steel wool (bantalan serat baja), agar tidak ada binatang yang bersarang pada kendaraan anda.

3. Merawat Dan Menjaga Baterai (Accu)

Sumber listrik pada kendaraan adalah accu. Accu akan tekor/soak jika kendaraan tidak dipanaskan/nyalakan. Salah satu cara mencegah accu tekor/soak yaitu dengan menambahkan alat berikut :

  • Trickle charger
  • Battery tender

Trickle Charger & Battery Ternder

Alat ini memiliki fitur memutus (mematikan) aliran listrik secara otomatis (float mode). Dengan menggunakan alat ini, anda tidak perlu melepas kabel accu dalam kendaraan.

Cara yang terakhir, lepaskan kabel sambungan pada accu dalam kendaraan, untuk menghindari terjadinya korosi pada kutub positif (+) dan kutub negatif (-).

2020-04-13 00:43:05
© 1983-2018, Himawan Putra Corporation , All Rights Reserved.